Tuesday 10 May 2016

(DIY Project) SARUNG INSTAN PRAKTIS UNTUK ANAK 3


sebenarnya ini adalah kali ketiga saya mencoba membuatkan sarung yang praktis untuk Lintang. sebelumnya saya penah membuat sarung instan anak seperti yang beredar luas, model rok jadi ketika memakai tinggal masukin aja. tapi ternyata bagi saya pribadi ini masih ada yang kurang, selain bentuknya yang ngembang seperti rok juga pas menyarungkan kurang efisien.

kemudian yang kedua, sarung instan ini ,idenya dari bapak, karena liat yang pertama dulu agak ribet, maka disarankan udah pake hak/pengait aja. dan itu karena bahannya cupet alias minim jadi lipatan tangkupnya seadanya pakai kait satu. sarung yang ini lumayan buat ganti-ganti.

nah yang ketiga ini dapat oleh-oleh mbah uyut sarung kecil, pas deh buat Lintang, cuman panjangkan ya, karena fungsinya emang buat dilipat. ditangan emaknya dibuat praktis juga, panjang dibuat pas dari pinggang ke mata kaki.

berikut keterangannya :



1. lebar sarungn Lintang 61 cm sudah dalam bentuk kolong. panjang sarung sebenarnya semeteran kayaknya aku lipat 54 cm sisanya lipat ke dalam ga usah dipotong. 
ukuran Lintang :
panjang kaki/ sarung jadi : 50 cm diukur dari pinggang.
lingkar pinggang : 48 cm
2. lingkar pinggang Lintang 48 cm dibagi 2 jadi 24 cm ukur dari posisi tengah, tandai dengan kapur kain(depan-belakang). sisanya buat lipatan ke depan.



3. ambil 4 cm buat ban pinggang
4. lipat ke dalam
5. hasil lipatan seperti gambar



6. jahit keliling lipatan ban pinggang. sisakan selebar 1/2 lingkar pinggang yang telah ditandai di bagian belakang tadi, untuk memasukkan elastik. kerutan sengaja tidak banyak (agak longgar) untuk menghindari ngembang kayak rok.
7. masukkan elastik jahit di ukuran setengah lingkar pinggang bagian belakang (semoga bisa dipahami). jahit kedua sisi elastik.
8. tindas dan tutup lubang diban pinggang tadi, jadi bagian belakang berkerut di tengah.



9-10-11. lipat tangkupnya seperti ini.
12. jahit bagian tepi sarung buat tanda.



13-14. pas kan di badan yang akan memakai. lipat satu tepi tandai untuk memasang hak/pengait.
lipat 1 tepi lagi tandai lagi.



15-16. pasang hak/pengait di tempat yang bertanda tadi. kecil bagian bawah, besar bagian atas/tepi sarung.


siap buat ramadhan nanti.


nah, sarung yang ketiga ini bisa dibilang perbaikan dari model yang kedua. semoga makin nyaman, dan enak dipakai.

No comments:

Post a Comment

terima kasih sudah berkunjung ^^
semoga bermanfaat.